Cara Membuat Format Page Number yang Berbeda pada Microsoft Word

Bagikan:

pgnum-0

Hallo, kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara membuat format page number atau nomor halaman yang berbeda pada Microsoft Word. Pernahkah kalian membuat tugas di mana ada beberapa format nomor halaman yang berbeda misalnya menggunakan angka romawi (i, ii, iii, iv, …) untuk bagian awal seperti halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Sedangkan untuk halaman isi seperti Bab 1, Bab2, dst. menggunakan angka arab (1, 2, 3, 4, …) untuk penomoran halamannya.

Cara mudahnya untuk membuat hal tersebut terwujud adalah dengan mengerjakan bagian-bagian tersebut dalam setiap file yang berbeda-beda. Namun, kekurangannya adalah jika kita diminta untuk mengumpulkan tugas tersebut dalam bentuk softfile yang menyebabkan file yang kita kumpulkan tidak berada dalam satu kesatuan melainkan terpisah-pisah.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan fitur Break Next Page yang ada pada Microsoft Word. Fitur Break Next Page ini berfungsi untuk memisahkan bagian-bagian halaman dalam satu dokumen saja. Di sini, saya menggunakan Microsoft Office 2016, pada umumnya cara yang digunakan hampir sama baik untuk Microsoft Office 2007, 2010, dan 2013.

Misalkan saat ini kita akan menggunakan angka romawi untuk bagian halaman awal dan angka arab untuk bagian isi sehingga memiliki dua bagian dalam satu dokumen. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan adalah seperti berikut

1. Menomori bagian halaman awal dengan angka arab

Penomoran halaman ini dapat dilakukan seperti penomoran halaman seperti biasanya. Di sini, saya menggunakan langkah klik kanan pada bagian footer dokumen kemudian insert page number seperti ditunjukkan gambar berikut.

pagenum-1
Menomori halaman awal dengan angka arab

2. Menyisipkan fungsi Break Next Page sebelum bagian isi

Sebelum bagian isi, kita sisipkan fungsi Break Next Page  agar bagian awal dan bagian isi menjadi bagian yang terpisah. Fungsi Break Next Page dapat dimasukkan dengan mengklik tab Layout kemudian pilih menu Break. Langkahnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Menambahkan fungsi Page Break
Menambahkan fungsi Break Next Page

3. Menambahkan nomor halaman angka arab pada halaman isi

Pada footer halaman bagian isi, kita lakukan klik kanan kemudian Edit Footer, kemudian hilangkan pilihan pada menu Link to previous. Setelah itu, kita dapat memasukkan nomor halaman dengan menggunakan angka arab. Langkah yang digunakan dapat dilihat seperti gambar berikut

pagenum-4

Nah, sampai di sini tutorial yang saya berikan selesai. Sekarang, kamu memiliki format jenis halaman yang berbeda dalam satu dokumen yang sama. Tunggu tutorial lainnya ya! Terima kasih 🙂

 

 

Bagikan: